RAPAT KERJA TEKNIS DIREKTORAT HAK CIPTA DAN DESAIN INDUSTRI

Bogor – Implementasi PASTI (Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, Inovatif) dalam menyongsong berlakunya MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) merupakan tema yang diusung dalam Rapat Kerja Teknis Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri kali ini. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Seruni Gunung Salak, Bogor selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 10 s.d. 12 Maret 2016 ini dibuka langsung oleh Direktur Hak Cipta dan Desain Industri, Erni Widhyastari. Pelaksanaan Rapat Kerja Teknis (Rakernis) ini merupakan salah satu sarana untuk saling memberi dan menerima informasi serta menyatukan pandangan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja Pegawai Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri agar dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat dibidang Hak Cipta dan Desain Industri.

Indonesia sebagai negara yang akan menghadapi persaingan dagang MEA tersebut memerlukan persiapan baik pada sektor pemerintahan maupun pelaku ekonomi dengan cara memperluas pasar barang, jasa, modal, investasi, dan pasar tenaga kerja. Adanya MEA harus dipandang sebagai peluang bertambahnya pasar Indonesia, sehingga diharapkan kita dapat memetik manfaat optimal dari MEA. Selanjutnya, perekonomian juga harus didorong lebih cepat tumbuh, ekspansif, dan berdaya saing dengan memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan sektor jasa. Selain itu, hal lain yang harus disiapkan adalah sumber daya manusia (SDM) khususnya tenaga kerja agar dengan meningkatkan keahlian mereka melalui berbagai pendidikan ataupun pelatihan mampu kompetitif dalam menghadapi persaingan dengan tenaga kerja asing yang akan banyak membanjiri dunia usaha kita dengan berlakunya MEA tersebut.

“Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) khususnya Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri sebagai aparatur birokrasi harus melakukan penyesuaian kinerja dalam menghadapi MEA tersebut sesuai dengan tugas dan fungsi yang telah diatur dalam perundang-undangan yang ada, salah satunya dengan meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam menyelesaikan permohonan yang terkait Hak Cipta/Hak Terkait dan Desain Industri”. ujar Erni. Dengan bekerja secara profesional, akuntabel, sinergis, transparan dan inovatif berarti telah terjadi peningkatan kualitas pelayanan publik dan untuk melaksanakan hal tersebut dibutuhkan peningkatan kualitas sumber daya manusia sebagai aparatur pelaksana di Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri, jelas Erni mengakhiri sambutannya. (Humas DJKI – Maret 2016)

021-29027417

humas.hki@dgip.go.id

Address

H.R. Rasuna Said Street Kav. 8-9
H.R. Rasuna Said Street Kav. 8-9
Kuningan - South Jakarta
Kuningan - South Jakarta, Indonesia
12940
12940

Working Hours

Sunday - Friday
Sunday - Friday
07:30 - 16:00 WIB
07:30 - 16:00 WIB
Loket
Counter IP Service