Angel Anlee, Siswi SMP yang Mahir Membuat Robot Terima WIPO School Children's Medal

Jakarta - Angel Anlee, siswi SMP Tarakanita 2 Jakarta menerima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia (WIPO Awards) yang diserahkan secara langsung oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada gelaran Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2022 pada Selasa, 26 April yang lalu.

Penghargaan yang diterima tersebut menambah sederetan penghargaan yang diterima siswi kelahiran 11 Juni 2007 di bidang programming dan robotic ini.

Sebelumnya, Angel pernah meraih Juara 1 Kids & Teen Hackathon Indosat Wireless Innovation Contest 2015, Juara Favorit Olimpiade TIK Nasional 2016, Juara IPA OSTARNAS Wilayah Jakarta 2017, Best Qualifier MakeX Robot Competition 2018, Juara 1 App Jamming Summit 2019 di Indonesia (semifinal), Most creative award App Jamming 2019 (final), menjadi pembicara di Tech Kid Grand Prix 2019 di Jepang, Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2020 (kategori pelajar), dan Juara 1 Mame 2021 BPMPK (kategori Umum).

Selain itu, baru-baru ini Angel juga berhasil menyabet Juara 1-14th National Young Inventor Award (NYIA) 2021 yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Pada ajang tersebut, ia mencetak prestasi melalui robot ciptaannya yang dinamakan ROTA (Robot Tanaman). 

"ROTA adalah Robot Tanaman yang dapat mempermudah kerja manusia. ROTA bisa melakukan proses penyiraman tanaman sendiri," ujar Angel pada wawancara di Istana Wakil Presiden.

Ketertarikan Angel pada bidang programming dan robotic memang sudah diasah sejak kecil. Kemampuan tersebut pun dipelajari secara otodidak dengan pendampingan orang tuanya yang juga memang mahir dalam programming. 

Pencapaian-pencapaian Angel pun turut didukung oleh pihak sekolah, yaitu SMP Tarakanita 2 dengan menerapkan pembelajaran project-based learning dalam membantu pengembangan bakat para siswa. (SYL/CAN)


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Lakukan Pencanangan Pelayanan Publik Berbasis HAM

Melaksanakan pelayanan publik yang cepat, tepat, berkualitas, dan non-diskriminatif merupakan komitmen Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) dalam menyelenggarakan pelayanan publik yang prima.

Senin, 25 Maret 2024

DJKI Lantik JFT Analis KI dan Arsiparis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melantik sejumlah pejabat fungsional tertentu (JFT) untuk jabatan arsiparis muda dan mada serta analis kekayaan intelektual pertama dan muda pada Senin, 25 Maret 2024 di Aula Oemar Seno Adjie, Jakarta Selatan. Pengambilan sumpah jabatan dari sejumlah 59 orang ini dilakukan melalui daring maupun luring.

Senin, 25 Maret 2024

Delegasi Indonesia Hadiri Pertemuan ANIEE ke-13 di Singapura

Delegasi Republik Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Anom Wibowo menghadiri pertemuan Asian Network of Intellectual Property Enforcement Expert (ANIEE) di Singapura pada Jum’at, 22 Maret 2024.

Sabtu, 23 Maret 2024

Selengkapnya