Dirjen KI: Kami Ingin Jadikan Indonesia Jantung Kekayaan Intelektual

Jakarta – Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Freddy Harris menerima kunjungan Dirjen Korean Intellectual Property Office (KIPO) Mok Sungho di ruang rapat Dirjen KI di Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (30/1/2020).

Pada pertemuan tersebut Mok Sungho  didampingi oleh Sekretaris Departemen Kerja sama Internasional KIPO, Kim Seungoh; Wakil Direktur Departemen Kerja sama Internasional KIPO, Choi Gyuyoung; Penasihat Komersial, Kedutaan Besar Republik Korea, Moon Yangtaek.

Dalam pertemuan, Freddy mengatakan bahwa DJKI berencana mewujudkan Indonesia sebagai negara pusat Kekayaan Intelektual di antara Asia, Afrika dan Eropa. Oleh karena itu, DJKI akan membangun sekolah KI yang disebut IP Academy yang berlokasi di Tangerang dalam beberapa tahun mendatang.

Freddy yang didampingi oleh Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang, Dede Mia Yusanti dan Direktur Kerja sama dan Pemberdayaan KI, Erni Widhyastari berkata, “Kami ingin menjadikan Indonesia sebagai jantung Intellectual property Asia. Kami sedang mencari rekan yang tepat untuk kerja sama ini. Tentunya jika ada negara yang mendukung kami, kami akan mendukung negara itu juga” ujarnya.

Visi tersebut disambut hangat oleh perwakilan Korea Selatan yang saat ini telah menjalin kerja sama erat dengan DJKI. Oleh karena itu, pertemuan ini juga membahas mengenai pengiriman pejabat paten untuk menjalankan misi Republik Korea ke ASEAN dan kerja sama bilateral antara KIPO dengan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) untuk meningkatkan kapasitas pegawai.

Sebagai catatan, pemajuan kekayaan intelektual di Indonesia adalah salah satu langkah pemerintah untuk memajukan perekonomian masyarakat. Indonesia saat ini sedang bertransisi untuk tidak hanya mengandalkan ekonomi berbasis sumber daya alam tetapi juga mengandalkan ekonomi kreatif dan inovatif yang berbasis pengetahuan.

Penulis: KAD
Editor: AMH


TAGS

LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya