DJKI Canangkan Zona Integritas Menuju WBK WBBM

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar Pencanangan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/ Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada Jumat (14/2/2020). 

Untuk meraih predikat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) tersebut, Direktur Jenderal KI Freddy Harris mengatakan perlunya sinergi dari seluruh pegawai DJKI.

“Kami ditanya apakah KI siap membangun seluruhnya Zona Integrasi (ZI)? Saya katakan Insya Allah siap. Namun kalau orang mengatakan bahwa ZI harus dari pimpinannya dulu, kita akan bekerja sebagai tim makanya membutuhkan kerjasama dari segala pihak untuk membangun secara benar bentuk pelayanan yang bersinergi,” ujar Freddy dalam sambutannya di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta Selatan.

Freddy memaparkan bahwa upaya DJKI untuk mewujudkan WBK/WBBM sudah dimulai sejak 2017. Pada 17 Agustus 2019, DJKI juga telah mengupayakan pelayanan pendaftaran KI secara online agar masyarakat bisa lebih terlayani dengan baik.

“Artinya ketika kita mulai online ini tidak hanya pelayanannya saja yang lebih ditingkatkan. Tetapi juga mengurangi pungli, karena online mengurangi kemungkinan tatap muka secara langsung,” sambungnya.

Freddy juga mengatakan bahwa pendaftaran KI online tersebut telah berhasil meningkatkan capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) DJKI. Target DJKI pada 2019 adalah Rp500 miliar, namun DJKI menerima Rp700 miliar pada akhir tahun.

Pelayanan yang terbukti membawa dampak baik bagi negara dan masyarakat tersebut mendapatkan apresiasi dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham Bambang Rantam Sariwanto yang hadir dalam acara. Menurut Bambang, dengan telah panjangnya persiapan DJKI, seharusnya tak akan ada kesulitan bagi DJKI untuk kembali meraih WBK dan WBBM tahun ini.

“Kita hanya perlu bekerja dengan mendobrak batas. Kenapa? Karena DJKI ini bukan kaum duafa, bahkan salah satu yang PNBP-nya tadi disampaikan cukup besar. Jadi bisa melakukan peningkatan pelayanan, peningkatan SDM (sumber daya manusia), dan peningkatan kesejahteraan. Tidak ada alasan untuk bekerja di zona nyaman terus,” ujar Bambang memberi semangat.

Selain itu, Ketua Ombudsman RI, Amzulian Rifai, juga berpesan agar seluruh pegawai DJKI mulai memperhatikan keluhan dari masyarakat. Hal itu seiring dengan arahan Plt Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan KemenpanRB, Jufri Rahman, yang mengatakan bahwa predikat WBK/WBBM diberikan untuk membangun  dan mengimplementasikan program reformasi birokasi secara baik.

“(Tujuannya) sehingga mampu menumbuh-kembangkan budaya kerja birokrasi  yang anti korupsi, berkinerja, dan budaya birokrasi yang melayani publik secara baik   di lingkungan K/L/Pemda,” pungkas Jufri.

Sebelumnya, Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri yang dinaungi Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani 2019. Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo di Ballroom Bidakara, pada Selasa 9 Desember 2019.

Penulis: KAD
Editor: AMH


TAGS

#Menkumham

LIPUTAN TERKAIT

Mudik Aman dan Berkah, Yasonna Lepas Keberangkatan Para Abdi Negara dengan 28 Bus

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly mengatakan bahwa mudik merupakan momen penting yang selalu ditunggu ketika bulan Ramadan akan mencapai akhirnya. Perjalanan pulang kampung yang dilakukan bukan hanya sekedar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dalam rangka mencari kebersamaan yang membahagiakan diri di hari kemenangan.

Jumat, 5 April 2024

Menkumham Yasonna Lantik Pejabat Eselon I dan II Baru di Lingkungan Kemenkumham

Jakarta - Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly, melantik sejumlah pejabat baru pada Jumat, 5 Maret 2024 di Graha Pengayoman, Jakarta Selatan. Di antara para pejabat yang dilantik yakni Staf Ahli Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemenkumham, Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sekretaris DJKI) dan Direktur Hak Cipta dan Desain Industri di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Jumat, 5 April 2024

DJKI Kembalikan 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), dalam hal ini Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa Kekayaan Intelektual (KI) Anom Wibowo menyerahkan barang bukti sebanyak 1.668 Krat Gelas kepada PT Karya Indah Multikreasindo pada Kamis, 4 April 2024, di Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Surabaya.

Jumat, 5 April 2024

Selengkapnya