DJKI dan ERIA Bertemu Untuk Bahas Kerja Sama

Jakarta - Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang Yasmon melakukan pertemuan dengan Director General for Research and Policy Design Administration Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA) Toru Furuichi di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI), Selasa, 31 Januari 2023.

Pertemuan ini dilakukan dalam rangka kerja sama yang dilakukan DJKI dengan ERIA untuk Research Project on Patent Examination Guidelines for the Emerging Technologies in ASEAN Region.

Proyek ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran umum di wilayah ASEAN terkait pemahaman tentang teknologi baru. Selain itu, Indonesia secara tidak langsung mendapatkan paparan pengetahuan terkait praktik pemeriksaan teknologi baru tersebut.

Yasmon menjelaskan bahwa rangkaian pelaksanaan proyek ini sudah berlangsung sejak tahun 2019 untuk tahap I dan berlanjut tahap II yang dimulai pada September tahun 2022. 

"Pertemuan hari ini diadakan untuk membahas tiga contoh kasus pemeriksaan paten terkait teknologi baru yang sedang berkembang seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Thing (IoT)," ujar Yasmon.

Ke depan, melalui kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dalam proses pemeriksaan paten Indonesia, khususnya memperkuat penyusunan manual pemeriksaan paten.

Sebagai informasi, pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari ERIA yang terdiri dari Director General for Research and Policy Design Administration Toru Furuichi, Leader of ERIA Research Project 2021 Kazuo Hoshino, Patent Attorney for SIPTO Yuji Okuma, dan Patent Attorney for SIPTO Hitoshi Nishimura. 

Sedangkan pihak DJKI diwakili oleh para pemeriksa paten, yaitu Faisal Syamsuddin, Nico E. Soelistyono, M. Adril Husni, Faisal Narpati, dan Rani Nuradi. (syl/dit)



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Kain Batik Masuk Kelas 24 Klasifikasi Nice, Siap Menuju Pasar Internasional

Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mengikuti pertemuan The 34th Session of The Committee of Experts (CE) of Nice Union di Jenewa, Swiss yang diselenggarakan pada tanggal 22 s.d 26 April 2024.

Rabu, 24 April 2024

Halal Bihalal: Tradisi Positif Untuk Peningkatan Sinergi

Jakarta - Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) senantiasa menjunjung tinggi tata nilai Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan, dan Inovatif (PASTI)

Kamis, 18 April 2024

DJKI Gelar Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di Lingkungan DJKI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menggelar kegiatan Pisah Sambut Pimpinan Tinggi di lingkungan DJKI pada Selasa, 16 April 2024, di Aula Oemar Seno Adjie, Gedung Eks Sentra Mulia, Jakarta.

Selasa, 16 April 2024

Selengkapnya