DJKI Hadiri Pertemuan ke-69 AWGIPC

Bohol - Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ikut dalam pembahasan Harmonisasi Persyaratan untuk Desain Industri dalam pertemuan paripurna ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke 69 di Bohol, Filipina, pada Jumat, 17 Maret 2023.

“Pada pertemuan ini, pembahasan harmonisasi persyaratan desain industri kita lakukan dengan dukungan World Intellectual Property Organization (WIPO). Kajian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dalam persyaratan formalitas dalam sistem desain industri di ASEAN dan memformulasikan rekomendasi untuk harmonisasi yang mungkin dilakukan,” ujar Sri Lastami, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI selaku pemimpin delegasi Indonesia. 

Kajian ini diadakan dalam upaya menuju integrasi masyarakat ekonomi ASEAN. Kajian ini dilakukan dengan dukungan dari WIPO dalam kolaborasi dengan ASEAN Secretariat dan The ASEAN Industrial Task Force (IDTF). 

Tidak hanya itu, Lastami juga menjabarkan bahwa Prioritas Tahunan AWGIPC Tahun 2023 juga mencakup kajian tentang E-Commerce Gap Analysis serta Hak Cipta dan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

“Sampai Maret 2023  sebanyak 75% program kerja telah tercapai, 20% sedang dalam proses, dan 5% belum dimulai. Program yang belum terlaksana salah satunya adalah mengembangkan database sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional (SDGPT),” tambah Direktur Teknologi Kekayaan Intelektual Dede Mia Yusanti yang juga hadir pada kesempatan yang sama. 

Sebagai informasi, Indonesia ditunjuk sebagai country champion untuk pengembangan SDGPT. Indonesia juga masih menunggu negara lain yang juga ingin berkontribusi pada pelaksanaan program ini. 

China National Intellectual Property Administration (CNIPA) telah memberikan signal positif untuk turut memberi dukungan kepada negara-negara ASEAN dalam menyukseskan program ini,” pungkas Lastami.

Pada kesempatan yang sama telah dilaksanakan serah terima Ketua AWGIPC dari Atty. Rowel S. Barba yang telah menjadi Ketua AWGIPC sejak tahun 2021 sampai dengan Maret 2023 (AWGIPC ke-69) kepada Santisouk Phounsavath. Phounsavath akan menjadi Ketua AWGIPC mulai September nanti di Singapura hingga 2 tahun mendatang. (kad/dit)



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Ikuti Perundingan Putaran Ketujuh dalam Persetujuan Kemitraan Ekonomi Indonesia - Kanada

Semarang - Indonesia dan Kanada sepakat untuk membuat kerja sama demi memajukan perekonomian kedua negara. Upaya kerja sama itu dirundingkan dalam Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) yang dimulai sejak 2021 hingga saat ini. Perundingan ekonomi ini menyangkut banyak bidang, termasuk kekayaan intelektual.

Senin, 4 Maret 2024

Alat Musik Tradisional Sebagai Potensi Indikasi Geografis

Indonesia kaya akan budaya termasuk alat musik tradisional yang beragam dan unik. Setiap daerah memiliki alat musik khasnya sendiri yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kekayaan budaya setempat. Alat musik tradisional ini memiliki potensi besar untuk dilindungi dan dikembangkan sebagai Indikasi Geografis (IG).

Kamis, 29 Februari 2024

DJKI Libatkan Masyarakat dalam Perancangan Renstra 2025 - 2029

Palembang - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menilai penting adanya perspektif masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kekayaan intelektual selama lima tahun mendatang. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik sebagai Rancangan Awal Rencana Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2025 – 2029 pada 28 - 29 Februari 2024 di Novotel Palembang - Hotel & Residence.

Rabu, 28 Februari 2024

Selengkapnya