DJKI Hadiri Pertemuan ke-69 AWGIPC

Bohol - Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) ikut dalam pembahasan Harmonisasi Persyaratan untuk Desain Industri dalam pertemuan paripurna ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) ke 69 di Bohol, Filipina, pada Jumat, 17 Maret 2023.

“Pada pertemuan ini, pembahasan harmonisasi persyaratan desain industri kita lakukan dengan dukungan World Intellectual Property Organization (WIPO). Kajian ini dilaksanakan untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dalam persyaratan formalitas dalam sistem desain industri di ASEAN dan memformulasikan rekomendasi untuk harmonisasi yang mungkin dilakukan,” ujar Sri Lastami, Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan KI selaku pemimpin delegasi Indonesia. 

Kajian ini diadakan dalam upaya menuju integrasi masyarakat ekonomi ASEAN. Kajian ini dilakukan dengan dukungan dari WIPO dalam kolaborasi dengan ASEAN Secretariat dan The ASEAN Industrial Task Force (IDTF). 

Tidak hanya itu, Lastami juga menjabarkan bahwa Prioritas Tahunan AWGIPC Tahun 2023 juga mencakup kajian tentang E-Commerce Gap Analysis serta Hak Cipta dan Lembaga Manajemen Kolektif (LMK).

“Sampai Maret 2023  sebanyak 75% program kerja telah tercapai, 20% sedang dalam proses, dan 5% belum dimulai. Program yang belum terlaksana salah satunya adalah mengembangkan database sumber daya genetik dan pengetahuan tradisional (SDGPT),” tambah Direktur Teknologi Kekayaan Intelektual Dede Mia Yusanti yang juga hadir pada kesempatan yang sama. 

Sebagai informasi, Indonesia ditunjuk sebagai country champion untuk pengembangan SDGPT. Indonesia juga masih menunggu negara lain yang juga ingin berkontribusi pada pelaksanaan program ini. 

China National Intellectual Property Administration (CNIPA) telah memberikan signal positif untuk turut memberi dukungan kepada negara-negara ASEAN dalam menyukseskan program ini,” pungkas Lastami.

Pada kesempatan yang sama telah dilaksanakan serah terima Ketua AWGIPC dari Atty. Rowel S. Barba yang telah menjadi Ketua AWGIPC sejak tahun 2021 sampai dengan Maret 2023 (AWGIPC ke-69) kepada Santisouk Phounsavath. Phounsavath akan menjadi Ketua AWGIPC mulai September nanti di Singapura hingga 2 tahun mendatang. (kad/dit)



LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya