Evaluasi Kinerja DJKI 2023: Jumlah Permohonan Hak Cipta dan Desain Industri Menunjukan Tren Positif

Yogyakarta - Semakin banyaknya seniman, content creator, hingga penulis yang bermunculan di Indonesia, membuktikan bahwa tingkat kreativitas masyarakat Indonesia terus meningkat. Hal ini didasari dari jumlah permohonan hak cipta per 24 November 2023 tercatat sebanyak 118.248 permohonan. 

“Angka tersebut sudah 165% melebihi target capaian tahun 2023, dan ini akan terus bertambah. Kami optimis bisa mencapai 175% hingga akhir Desember 2023,” ujar Anggoro Dasananto selaku Direktur Hak Cipta dan Desain Industri pada kegiatan Evaluasi Kinerja Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektuall (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM tahun 2023 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta pada 7 Desember 2023. 

Anggoro menyampaikan bahwa peningkatan jumlah permohonan hak cipta ini tentunya tidak terlepas dari terimplementasinya sistem Persetujuan Otomatis Pencatatan Hak Cipta (POP HC). Di mana melalui POP HC, permohonan hak cipta diproses dan terselesaikan kurang dari 10 menit. 

Tidak hanya itu, menurut Anggoro bahwa melebihinya target capaian kinerja ini juga didukung oleh beberapa program atau kegiatan unggulan diantaranya adalah kegiatan konsultasi teknis penyiapan data administrasi dan data substansi hak cipta di perguruan tinggi dan sekolah vokasi serta kegiatan peningkatan pemahaman pemohon hak cipta terkait jenis-jenis ciptaan di perguruan tinggi dan sekolah vokasi. 

“Selanjutnya untuk mendukung dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, saat ini tengah dilakukan pembahasan usulan perubahan Peraturan Pemerintah (PP) mengenai Jenis dan Tarif Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM,” ungkap Anggoro. 

“Dalam konteks ini, kebijakan baru yang akan diimplementasikan salah satunya adalah penerapan tarif tunggal untuk permohonan hak cipta,” lanjutnya. 

Selain hak cipta, pada permohonan desain industri juga menunjukan tren yang cukup menggembirakan. Sebanyak 5.537 permohonan atau 91% per 24 November 2023 target dan realisasi kinerja di tahun ini hampir memenuhi target. 

“Kami optimis bisa menyelesaikan sejumlah 383 permohonan agar bisa terselesaikan hingga 100% bahkan dapat melebihi target hingga akhir tahun 2023. Hal ini dikarenakan modul pencetakan sertifikat relatif sudah berjalan dengan cukup baik setelah penyempurnaan aplikasi dari Intellectual Property Online (IPROLINE) ke Sistem Administrasi Kekayaan Intelektual (SAKI),” ujar Anggoro. 

“Tidak hanya itu, adanya kegiatan konsultasi teknis penyiapan data administrasi dan data substansi desain industri di perguruan tinggi dan sekolah vokasi juga merupakan salah satu upaya yang telah menunjang pencapaian kinerja ini,” pungkas Anggoro. (Ver/Dit)



LIPUTAN TERKAIT

Komisi Banding Paten Sidangkan Dua Permohonan Paten Pada Sidang Terbuka

Komisi Banding Paten (KBP) Republik Indonesia (RI) menggelar sidang terbuka untuk dua permohonan banding atas uraian deskripsi dan klaim dari Kuraray Co., Ltd dan Nokia Technologies OY di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Rabu, 22 Mei 2024.

Rabu, 22 Mei 2024

KBP RI Terima Dua Permohonan Banding Paten

Komisi Banding Paten (KBP) Republik Indonesia (RI) memutuskan dua permohonan banding dengan judul Senyawa-senyawa Antitumor milik Pharma Mar, S.A. dan Senyawa Pengaktivasi Sarkomer Bisamida Cytokinetics, Inc. dan Amgen Inc. melalui sidang terbuka di Gedung Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Selasa, 21 Mei 2024.

Selasa, 21 Mei 2024

Sesditjen KI Berikan Arahan kepada 410 PPPK

Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Sesditjen KI) Anggoro Dasananto memberikan pengarahan untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di lingkungan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) pada Senin, 20 Mei 2024. Dalam arahannya di Ruang Aula Oemar Seno Adji, Gedung Eks Sentra Mulia, Anggoro memberikan arahan mengenai kewajiban dan hak dari pegawai PPPK.

Senin, 20 Mei 2024

Selengkapnya