Evaluasi Teknis Pemohonan Pasca Hak Cipta dan Desain Industri Hadir di Bumi Sriwijaya

Palembang - Sebagai salah satu unit pemerintah yang memiliki tugas melaksanakan layanan publik, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) terus berupaya memberikan pelayanan yang dapat memuaskan masyarakat. Untuk itu peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi fokus utama. 

Kali ini, DJKI hadir di Bumi Sriwijaya mengadakan kegiatan Evaluasi Tenis Permohonan Pasca Hak Cipta dan Desain Industri di Novotel Palembang, pada 22 Mei 2023. 

Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Sumatera Selatan (Sumsel) Ilham Djaya menyadari betul pesatnya kemajuan teknologi yang membuat pelayanan yang diberikan pada publik mutlak ditingkatkan.

“Pelayanan publik ini hal yang sangat penting, Kanwil Kemenkumham Sumsel memiliki pelayanan Sistem Informasi Kolektif Kanwil Sumatera Selatan (Sikok Sumsel), seluruh pelayanan Kemenkumham ada di aplikasi ini, termasuk pelayanan untuk kekayaan intelektual (KI),” tutur Ilham.

Sejak 2022 hingga Mei 2023, permohonan pencatatan ciptaan di Sumatera Selatan sebesar 3.373 dan pendaftaran desain industri sebanyak 10 permohonan. DJKI terus berupaya mendorong peningkatan permohonan KI di Sumatera Selatan melihat tingginya potensi KI di provinsi ini.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini hadir langsung di Palembang. Seringkali masyarakat bukannya tidak mau mendaftar, tetapi mereka belum mengetahui caranya dan belum mengetahui pentingnya pelindungan KI. Melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan permohonan KI di Sumatera Selatan,” tambah Ilham.

Koordinator Sertifikasi dan Dokumentasi Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Christ Andrey mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata DJKI ingin memberikan pelayanan prima pada masyarakat pengguna layanan DJKI.

“Kegiatan ini bertujuan agar kami mendapat masukan teknis dan evaluasi dalam proses permohonan pasca, baik desain industri, maupun hak cipta untuk memberikan pelayanan prima dan maksimal pada masyarakat,” kata Christ. 

Kegiatan ini mengundang perwakilan perguruan tinggi di Sumatera Selatan, Konsultan KI, perwakilan dinas terkait, dan pengampu layanan KI di Kanwil Sumatera Selatan. (DES/SYL)



LIPUTAN TERKAIT

Miliki Prestasi dan Potensi KI, DJKI Gelar Penghimpunan Aspirasi Publik di Sulawesi Selatan

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menggelar kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik dalam rangka Penyusunan Rancangan Teknokratik Rencana Strategis (Renstra) DJKI Kemenkumham 2025-2029 pada tanggal 26-27 Maret 2024 di Hotel The Rinra Makassar.

Rabu, 27 Maret 2024

Indonesia Hadir Dalam WIPO Regional Meeting on Strengthening The ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center Network

Dalam rangka mendorong pertukaran pengalaman dan praktik terbaik serta mendorong kerja sama antar negara anggota ASEAN dalam mengembangkan jaringan Technology and Innovation Support Center (TISC) nasional yang efektif dan berkelanjuntan, World Intellectual Property Organization (WIPO) dengan dukungan Japan Patent Office (JPO) menyelenggarakan WIPO Regional Meeting on Strengthening the ASEAN Regional Technology and Innovation Support Center (TISC) Network, 21 – 22 Maret 2024 di Vientiane, Laos.

Jumat, 22 Maret 2024

DJKI Terima Kunjungan Universitas Hasanuddin Bahas Peningkatan Permohonan Paten

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) menerima kunjungan perwakilan dari Universitas Hasanuddin Makassar pada Kamis, 21 Maret 2024 di Kantor DJKI, Jakarta. Kunjungan dilakukan dalam rangka untuk berdiskusi terkait upaya peningkatan permohonan paten di Universitas Hasanuddin.

Kamis, 21 Maret 2024

Selengkapnya