Indonesia Salah Satu Negara Penghasil Kopi Paling Agresif di Dunia

Jakarta - Indonesia disebut sebagai salah satu negara dengan potensi pemasar kopi terbaik di dunia. Hal itu karena Indonesia memiliki salah satu kopi indikasi geografis yang paling diminati di dunia jika dibanding negara-negara ASEAN lainnya.

Hal itu disampaikan oleh Giovanni Galanti, Pakar Perdagangan dan Indikasi Geografis ARISE+ Indonesia dalam Workshop berjudul ‘Market Opportunities in the Face October Harvest Season” yang digelar secara virtual pada Kamis, 17 September 2020. 

“Berdasarkan data MINTEL, Indonesia memiliki pasar kopi yang pertumbuhanya paling cepat jika dibandingkan dengan negara-negara seperti Turki, India, Vietnam atau Chile yaitu lebih dari 19,6 persen pada 2012-2016. Pada dasarnya pasar kelas menengah ini berkembang pesat di negara-negara ASEAN untuk produk otentik dan pengalaman kuliner baru,” ujar Giovanni dalam paparannya. 

Dia melanjutkan bahwa Kopi Gayo Aceh memiliki potensi ekonomi yang besar di Uni Eropa asal bisa menjaga keasliannya. Di sisi lain, produk yang asli juga harus dipastikan memiliki kualitas seperti yang dijanjikan kepada konsumen yang sudah ditargetkan dengan baik 

Pendapat tersebut selaras dengan pernyataan Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (Dirjen KI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Freddy Harris yang diwakili oleh Direktur Kerjasama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Daulat P. Silitonga dalam sambutannya. 

“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik yang diolah oleh Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian, ekspor Kopi Gayo ini pada periode Januari - April 2020 yaitu sebesar 26,9 ribu ton atau senilai USD 58,9 juta. Dari volume tersebut 93 persen volume ekspor kopi Indonesia ditujukan ke Italia, Belgia, dan Jerman,” kata Daulat.

Saat ini, DJKI telah mendaftar 97 indikasi geografis; 88 di antaranya berasal dari dalam negeri sementara sisanya adalah milik luar negeri. Kopi Gayo Arabika sendiri sudah terdaftar sebagai produk indikasi geografis sejak 2017 yang berasal dari Tanah Rencong, Aceh.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag), Kasan, mengatakan pertemuan ini diselenggarakan sebagai upaya untuk menyambut panen kopi pada Oktober. Dia berharap pada pertemuan ini akan lebih banyak pihak yang tertarik untuk mengekspor kopi yang sudah diakui secara internasional tersebut. 

“Kami berharap Kopi Gayo lebih banyak mendapatkan perhatian supaya produk ini semakin terkenal di Eropa. Kami juga berharap ajang pertemuan antara penjual dan pembeli kopi gayo,” pungkasnya.

Penulis: DAW
Editor: KAD


LIPUTAN TERKAIT

Tim Ahli IG Bersama Dengan DJKI Lakukan Pemeriksaan Substantif Tenun Donggala

Tim Pemeriksaan Substantif Indikasi Geografis (IG) melakukan kunjungan lapangan ke Sentra Produksi Tenun Donggala dalam rangka Pemeriksaan Substantif atas Permohonan IG Tenun Donggala pada Rabu, 27 Maret 2024, di Kabupaten Donggala.

Kamis, 28 Maret 2024

Kenali Gerabah Kasongan dari Bantul Yogyakarta

Bantul - Gerabah Kasongan merupakan jenis produk yang dilestarikan oleh Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG) yang menjadi ikon tersendiri Kabupaten Bantul. Kasongan sendiri merupakan industri yang berfokus pada kerajinan gerabah (tanah liat) atau kerajinan keramik yang merupakan aset dari Bantul, Yogyakarta.

Sabtu, 9 Maret 2024

DJKI Gelar Audiensi Bersama UNPAD Terkait Pemanfataan KIK

Kekayaan Intelektual Komunal (KIK) adalah kekayaan intelektual (KI) yang berupa Ekspresi Budaya Tradisional (EBT), Pengetahuan Tradisonal (PT), Sumber Daya Genetik (SDG) dan Potensi Indikasi Geografis sehingga KIK merupakan identitas suatu kelompok atau masyarakat. Adapun kepemilikan KIK berbeda dengan KI lainnya karena bersifat kelompok.

Rabu, 10 Januari 2024

Selengkapnya