Semangat DJKI Dalam Meningkatkan Kualitas SDM Melalui OPERA

Bogor - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) terus berupaya untuk menjadi 'The Best IP Office in The World'. Upaya tersebut salah satunya ditempuh melalui pembentukan Organisasi Pembelajar (OPERA) di lingkungan DJKI.

Demikian disampaikan oleh Sekretaris DJKI Chairani Idha dalam pembukaan Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan Organisasi Pembelajar (OPERA) DJKI di Hotel The Alana Sentul, Bogor pada Senin, 25 Oktober 2021.

OPERA diartikan sebagai organisasi yang terampil mengelola sumber daya manusia (SDM) dalam menciptakan, memperoleh, dan mentransfer pengetahuan serta memodifikasi perilakunya untuk mencerminkan pengetahuan dan wawasan baru.

Dalam lingkup DJKI, kompetensi SDM terkait penegakan hukum dan edukasi maupun sosialisasi kekayaan intelektual (KI) yang dinilai masih kurang optimal menjadi dasar pembentukan OPERA.

"Materi dan pengalaman yang diperoleh SDM DJKI dari pelatihan-pelatihan terkait KI baik di dalam maupun di luar negeri belum pernah dibagi kepada sesama SDM DJKI melalui suatu forum sharing organisasi," ujar Idha.

Berdasarkan kondisi tersebut, DJKI merasa perlu untuk membentuk organisasi pembelajar secara baku yang dapat menjadi wadah SDM DJKI untuk dapat saling berbagi ilmu dan belajar bersama.

Idha turut menyampaikan, dalam membangun organisasi pembelajar langkah pertama yang harus dilakukan adalah menumbuhkan lingkungan belajar yang kondusif.

"Harus ada waktu untuk refleksi dan analisis, memikirkan rencana strategis, membedah kebutuhan stakeholder, menilai sistem kerja saat ini dan menemukan produk baru yang andal," jelas Idha.

Untuk itu, ke depan, dalam mewujudkan budaya organisasi pembelajar yang diharapkan harus ada komitmen, sinergi, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan terkait. (SYL/KAD)


TAGS

LIPUTAN TERKAIT

Kiat Sukses Mendapatkan Pelindungan Desain Industri

Makassar - Desain industri merupakan salah satu jenis kekayaan intelektual yang perlu dilindungi. Sebab, desain industri memiliki peranan penting untuk memberikan kesan menarik pada suatu produk dagang.

Jumat, 30 September 2022

Provinsi Sulawesi Selatan Miliki Potensi Indikasi Geografis yang Besar

Direktur Merek dan Indikasi Geografis Kurniaman Telaumbanua mengatakan Indonesia merupakan negara penghasil kopi terbesar keempat di dunia setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Provinsi Sulawesi merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di Indonesia. 

Jumat, 30 September 2022

DJKI Ajak Masyarakat Kota Makassar Sadar Pentingnya Pelindungan Merek

Jakarta - Kota Makassar merupakan lokasi strategis sebagai jalur perdagangan di wilayah Indonesia bagian timur. Pertumbuhan ekonomi melalui perdagangan barang dan jasa pun dinilai cukup tinggi.

Jumat, 30 September 2022

Selengkapnya