Tiga Inventor Asal Kaltim Terima Sertifikat Paten

Samarinda – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyerahkan tiga sertifikat paten kepada inventor asal Kalimantan Timur pada 27 Juni 2022 di Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur.

Kegiatan penyerahan sertifikat paten ini berlangsung saat pembukaan Workshop Penyelesaian Substantif Paten, Pengelolaan Pasca Pendaftaran Paten dengan Perguruan Tinggi, Litbang dan Pelaku Usaha.

Dua sertifikat paten dengan judul invensi Proses Penentuan Kuat Gesek Erosif Tanah dengan Menggunakan Perangkat Konduit Erosi dan Metode Penentian Kuat Gesek Erosif Tanah dengan Menggunakan Perangkat Konduit Erosi dan Teknik Analisa Citra Kamera, diserahkan langsung kepada inventor Tommy Ekamitra Sutarto.

Sertifikat paten ketiga dengan judul invensi Proses Aktivasi Batubara Lignit untuk Menghasilkan Karbon Aktif Sebagai Absorben Gelombang Mikro diterima langsung oleh perwakilan inventor Marinda Rahim.

Kepala Kanwil Kemenkumham Kaltim Sofyan mengakui bahwa angka permohonan paten di Kalimantan Timur masih sangat sedikit.



Jumlah permohonan paten dari Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2020 hingga 2021 menjadi yang paling unggul dibandingkan provinsi lain di pulau Kalimantan, akan tetapi masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan provinsi lain terutama di pulau Jawa.

Pada tahun 2020 terdapat 6 permohonan paten yang berasal dari Kalimantan Timur dan tahun 2021 meningkat menjadi 10 permohonan paten.

“Kami terus mengharap dukungan dari DJKI dengan semakin banyaknya kegiatan seperti ini Kaltim dan kami mendorong perguruan tinggi, litbang dan pelaku usaha terus meningkatkan riset-riset yang berorientasi paten,” tutur Sofyan.

Dalam penutupan sambutannya Sofyan menyampaikan komitmen untuk siap membantu para inventor apabila mengalami kesulitan dalam permohonan dan komersialiasi KI



“Kantor Wilayah selalu siap melayani konsultasi para inventor, karena kami ingin angka paten dari Kalimantan Timur lebih banyak dan semakin banyak inventor bisa mendapatkan manfaat ekonomi dari invensinya,’’ pungkas Sofyan.

Kegiatan workshop yang dihadiri oleh Sentra KI, LPPM dan para pelaku usaha di Kaltim ini akan berlangsung selama empat hari mulai tanggal 27 hingga 30 Juni 2022 dan membantu 21 pemohon penyelesaian substantif dan 16 pemohon drafting paten.


TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

DJKI Audiensi Pemprov Sulsel Soal DJKI Mengajar, Yasonna Mendengar dan Roving Seminar

Agenda audiensi ini dilakukan untuk menjalin komunikasi awal dan berkelanjutan dengan Pemprov Sulsel guna pelaksanaan kegiatan kegiatan yang akan berlangsung pada 27 - 28 September 2022 mendatang.

15 Agustus 2022

DJKI Gelar Konsinyering tentang Besaran, Persyaratan, dan Tata Cara Pengenaan Tarif PNBP KI

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Konsinyering Pembahasan Rancangan Permenkumham tentang Besaran, Persyaratan, dan Tata Cara Pengenaan Tarif PNBP di lingkungan DJKI pada tanggal 15 s.d 16 Agustus 2022.

15 Agustus 2022

DJKI Berikan Fasilitas Permohonan Merek dan Hak Cipta Gratis

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual menyediakan fasilitas pendaftaran merek dan pencatatan ciptaan gratis kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang berkunjung ke acara Festival Bapak Bangsa yang diselenggarakan di Pos Bloc Jakarta, Minggu, 14 Agustus 2022.


14 Agustus 2022

Selengkapnya