Direktorat Paten, DTLST dan Rahasia Dagang Capai Target Kinerja 2023 dengan Baik


Yogyakarta - Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu (DTLST) dan Rahasia Dagang (RD) Yasmon mengatakan bahwa Direktorat Paten, DTLST dan RD berhasil mencapai bahkan melampaui target kinerja yang telah disusun di awal tahun 2023. Hal ini disampaikan pada Rapat Evaluasi Kinerja pada Kamis, 7 Desember 2023 di Hotel Melia Purosani, Yogyakarta. 

“Alhamdulillah, saat ini program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD sudah terselenggarakan semuanya. capaian kinerja yang berhasil dilampaui sebanyak 258,35% adalah pengelolaan administrasi pemeliharaan paten tepat waktu sesuai dengan aturan yang berlaku,” ujar Yasmon. 

Tidak hanya itu, penyelesaian administrasi permohonan Paten juga telah diselesaikan yang semula ditargetkan 12.168 dokumen menjadi 19.421 yang berarti melampaui target sebanyak 159.61% dan masih banyak lagi.

Dari angka penerimaan permohonan paten selama enam tahun terakhir yang terus meningkat, Yasmon optimis bahwa di tahun 2023 bisa melebihi permohonan paten di tahun 2022.

Dalam hal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) kontribusi yang telah diberikan oleh DJKI melalui sistem paten berjumlah 4 triliun rupiah selama 13 tahun terakhir. Adapun dari sistem paten, kontribusi PNBP di tahun 2023 telah melampaui tahun 2022. 

“Selama 13 tahun terakhir, PNBP dari sistem paten di tahun 2022 yang sejumlah 413 miliar rupiah mengalami peningkatan juga di tahun 2023 menjadi 430 miliar,” terang Yasmon. 

Pada kesempatan yang sama Yasmon juga memaparkan terkait program kerja Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 di antaranya adalah pelayanan paten terpadu (patent one stop service) yang akan diselenggarakan di 20 daerah. 

Tidak hanya itu akan dilaksanakan juga workshop penyelesaian substantif Paten dengan konsultan KI serta asistensi teknis permohonan paten bagi perguruan tinggi serta badan penelitian dan pengembangan yang diharapkan dapat mempermudah inventor dalam mendaftarkan patennya. 

“Direktorat Paten, DTLST dan RD di tahun 2024 akan memanfaatkan alokasi anggaran yang ada dengan membuat program kerja yang selektif guna menjadikan DJKI menjadi kantor KI berkelas dunia,” pungkas Yasmon. (CAN/VER)



LIPUTAN TERKAIT

Ajukan Permohonan Mediasi, DJKI Terima Audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), tepatnya Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menerima audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik terkait dengan permohonan mediasi pada Jumat, 3 Mei 2024, di Kantor DJKI, Jakarta.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/