Dirjen Kekayaan Intelektual Bahas Pendidikan KI di Pertemuan AWGIPC ke-70

Singapura – Delegasi Indonesia yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen menyampaikan paparan mengenai Pendidikan Kekayaan Intelektual di Indonesia dalam pertemuan ASEAN Working Group on Intellectual Property Cooperation (AWGIPC) Meeting ke-70. Pendidikan ini menjadi upaya penting menggaet talenta muda agar memahami sistem kekayaan intelektual sejak dini.

“Indonesia memiliki berbagai kegiatan seperti agen diseminasi kekayaan intelektual, IP Goes to School, Indonesia IP Academy serta program-program peningkatan kapasitas yang terdiri dari roving seminar, Satu Jam Bersama Menteri Hukum dan HAM dan Mobile IP Clinic (MIC) yang diselenggarakan di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Min Usihen pada 6 September 2023 di Marina Bay Sands Expo and Convention Center, Singapura.

Pada kesempatan yang sama, Kepala KIPO Lee Insil menjelaskan bahwa pihaknya juga memiliki program Pendidikan KI yang dilakukan secara langsung dan daring. KIPO juga membuka kesempatan kerja sama mengenai Learning Management System (LMS) dalam peningkatan kapasitas pemangku kepentingan terkait sistem kekayaan intelektual.

“KIPO membagi pelatihan berdasarkan target peserta, yaitu masyarakat umum, peserta asing, guru dan anak sekolah, serta untuk ASEAN. KIPO juga menyelenggarkan e-learning program, untuk pengguna asing,” papar Lee Insil.

Sebagai informasi, AWGIPC merupakan forum pertemuan rutin antar negara anggota ASEAN yang dihadiri oleh perwakilan dari Kantor Kekayaan Intelektual di negara anggota ASEAN guna membahas rencana pelaksanaan dari beberapa target kerja ASEAN IP Rights Action Plan (AIPRAP) 2016 – 2025 yang belum terlaksana atau sedang dalam pelaksanaan, bersama dengan mitra dialog AWGIPC.

Pada AWGIPC kali ini, diadakan pertemuan dengan beragam mitra dialog ASEAN, dan dua di antaranya adalah pertemuan tingkat tinggi yaitu pertemuan antar Kepala Kantor Kekayaan Intelektual Negara Anggota ASEAN (AMS) dengan Kepala Kantor Kekayaan Intelektual Korea (KIPO) dan Kepala Kantor Kekayaan Intelektual Jepang (JPO). Mitra dialog lain yang turut menghadiri kegiatan ini adalah World Intellectual Property Office (WIPO), United Kingdom Intellectual Property Office (UKIPO), United States Patent and Trademark Office (USPTO) dan International Trademark Association (INTA).

Pertemuan antara Kepala Kantor KI ASEAN dengan Kepala JPO diadakan dalam rangka membahas implementasi dari Rencana Aksi ASEAN-JPO 2023-2024, yang terdiri dari beberapa kajian yang akan dilaksanakan dengan melibatkan partisipasi dari ASEAN, dan juga kegiatan pelatihan yang dilakukan secara online dan juga offline.

Selain Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual, delegasi Indonesia yang ikut menghadiri Pertemuan ini adalah Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual, Direktur Teknologi Informasi Kekayaan Intelektual, Subkoordinator Kerja Sama Regional.



TAGS

#AWGIPC

LIPUTAN TERKAIT

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/