DJKI Bahas Perkembangan RUU Paten dengan Amcham

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) melakukan pertemuan dengan American Chambers of Commerce (Amcham) Indonesia di Kantor DJKI Jakarta pada Jumat, 21 Juli 2023. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas perkembangan RUU tentang perubahan atas Undang-Undang (UU) Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten.

"Progressnya saat ini RUU sudah ke luar dari DJKI dan saat ini ada di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI. Nantinya Kemensetneg akan membuat surat Presiden yang ditujukan ke Dewan Perwakilan Rakyat untuk dilakukan pembahasan terkait RUU tersebut," jelas Subkoordinator Pertimbangan Hukum dan Litigasi Lily Evelina.

Lily menjelaskan bahwa pihak Amcham cukup concern dengan kemajuan pembahasan RUU ini untuk memastikan bahwa kebutuhan masyarakat dan pemangku kepentingan dapat terakomodasi dalam RUU.

"Amcham merupakan perwakilan dari pihak industri khususnya dalam hal ini yang punya kepentingan terkait dengan paten. Ke depan, akan ada pembahasan lebih lanjut dengan Amcham," lanjutnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Bambang Sagitanto selaku Analis Hukum Madya menerangkan bahwa tujuan penyusunan RUU Paten adalah untuk mengatasi isu-isu pada pelayanan paten yang mencakup proses pemeriksaan substantif, perubahan data permohonan, dan biaya tahunan.

"Arah perubahan regulasi, yaitu untuk mendorong inovasi nasional dengan peningkatan pendaftaran kekayaan intelektual (KI) di mana akan membuka kesempatan perolehan hak paten untuk semua bidang teknologi, hingga keringanan biaya bagi UMKM," pungkasnya. (Syl/Dit)

 



TAGS

#Paten

LIPUTAN TERKAIT

Ajukan Permohonan Mediasi, DJKI Terima Audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), tepatnya Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa menerima audiensi dari PT Aquarius Pustaka Musik terkait dengan permohonan mediasi pada Jumat, 3 Mei 2024, di Kantor DJKI, Jakarta.

Jumat, 3 Mei 2024

DJKI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Banjarmasin Melalui Kekayaan Intelektual

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) bersama Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan audiensi ke Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin pada Kamis, 2 Mei 2024.

Kamis, 2 Mei 2024

DJKI Jemput Bola ke SMK Grafika Jakarta Melalui RuKI Bergerak

Kemeriahan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia 2024 masih terus berlangsung, salah satu program tersebut adalah Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak yang digelar di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Grafika Jakarta pada Jumat, 3 Mei 2024.

Jumat, 3 Mei 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/