DJKI Gelar Merek Festival 2023: Pameran Produk Lokal hingga Temu Bisnis

Jakarta - Dalam rangka penutupan tahun merek yang merupakan tahun tematik di 2023, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) akan mengadakan rangkaian acara akbar bertajuk Merek Festival 2023 dengan tema Cinta Lokal, Sentuhan Global. 

Merek Festival akan berlangsung mulai tanggal 23-25 Oktober 2023 di Lapangan Merah Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan.

Gelaran ini akan menyuguhkan berbagai acara menarik seperti pameran produk merek lokal, talkshow kekayaan intelektual (KI), waralaba & temu bisnis, musik & hiburan, serta layanan konsultasi dan fasilitasi KI.

Sebanyak 45 booth akan meramaikan pameran produk lokal pada event ini. Mulai dari produk makanan, minuman, fashion, kecantikan, kerajinan tangan serta produk indikasi geografis terdaftar.

Selain itu, pada hari pertama tanggal 23 Oktober 2023 DJKI mengadakan talkshow dengan mengundang Brand Adventure Media. Di mana, Brand Adventure Media memiliki program youtube bernama UKM Nation yang membahas mengenai seluk beluk dunia UKM di Indonesia. 

Pada hari kedua Merek Festival akan diadakan acara bertajuk Meja Kurator. Meja Kurator adalah program yang mengkurasi berbagai brand lokal yang masuk dalam 17 sektor ekonomi kreatif dari seluruh Indonesia oleh para pakar terbaik di bidangnya masing-masing.

Di hari terakhir, para pengunjung dapat mengikuti acara IP Talks Kreasi Kuliner. Di mana pada sesi ini akan dilakukan demo masak yang mengolah bahan-bahan masakan asli Indonesia menjadi sajian makanan bertaraf internasional.

Gelaran Merek Festival 2023 ini tidak hanya bersifat B to C (business to consumer) yang diperuntukkan bagi pembeli retail, namun DJKI juga memiliki agenda yang bersifat B to B (business to business) untuk mempertemukan antara pebisnis satu dengan pebisnis lainnya.

Bagi masyarakat yang sedang ingin memiliki usaha, DJKI juga menggelar Business Matching dengan menghadirkan delapan pelaku bisnis yang siap bertemu dengan calon mitra. Adapun produk bisnis yang dihadirkan yaitu teguk, Amanda Brownies, Scoop & Skoops, Kebab Turki Baba Rafi, MS-glow, PUYO, WARCON, dan Benteng Nusantara.

Pada event ini, DJKI membuka booth layanan konsultasi KI untuk merek paten, hak cipta, dan desain industri. Tidak hanya itu, DJKI juga menyediakan fasilitas pendaftaran merek dan pencatatan ciptaan gratis kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dengan kuota terbatas. 

Di penghujung acara, pada malam puncak Merek Festival 2023 tanggal 25 Oktober 2023 pengunjung akan mendapatkan suguhan hiburan Stand Up Comedy dari Cak Lontong serta penampilan artis Ibukota.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Merek Festival 2023 masyarakat dapat mengunjungi sosial media resmi DJKI di Instagram @djki.kemenkumham.



LIPUTAN TERKAIT

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/