DJKI Persiapkan PPNS Sebagai Regulator Patroli Siber Melalui Pelatihan Siber Internasional

Semarang - Perkembangan teknologi yang sangat pesat, membuat tingkat kejahatan dan pelanggaran melalui sarana elektronik marak terjadi, tak terkecuali dengan kejahatan dan pelanggaran di bidang Kekayaan Intelektual (KI) secara online. 

Oleh karena itu, dalam rangka peningkatan pelindungan dan penegakan hukum di bidang KI terhadap kejahatan siber, baik di tingkat nasional ataupun internasional, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengikuti pelatihan program International Cybercrime Investigations Workshop mulai tanggal 12 s.d 23 Juni 2023.

Kegiatan diawali dengan pengenalan organisasi Jakarta Center For Law Enforcement Cooperation (JCLEC) yang merupakan pusat pelatihan yang dibentuk tahun 2004 oleh kepolisian Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Kepolisian Federal Australia.

“Dari tahun ke tahun, JCLEC telah menyelenggarakan pelatihan, workshop serta dialog yang telah diikuti oleh lebih dari 40.000 peserta dari 85 negara dan telah menjadi pusat pertukaran keahlian secara internasional dalam melawan kejahatan modern lintas negara,” ujar Direktur Eksekutif Program JCLEC Brett Pointing.

Di tahun ini, DJKI diundang untuk ikut berpartisipasi dalam program tersebut. Langkah baik ini disambut baik oleh DJKI dengan mengirimkan PPNS KI sebagai peserta dalam pelatihan “Investigasi Kejahatan Siber Internasional" atau International Cybercrime Investigations Workshop yang diselenggarakan di Kampus utama JCLEC di JL. Beladiri, Komplek Akpol Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.

Program pelatihan di mulai sejak tanggal 12 Juni 2023 memberikan materi yang diharapkan dapat meningkat kapasitas Penyidik Pegawai Negeri Sipil KI dalam rangka penegakan hukum dan melindungi KI dari kejahatan siber.

“Kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat bagi peserta pelatihan untuk membangun komunikasi internasional serta membantu dan semakin mempermudah pelaksanaan tugas di instansi masing-masing,” pungkas Brett.

Adapun peserta yang mengikuti program pelatihan ini terdiri dari berbagai negara, diantaranya Indonesia, Malaysia, Thailand, Filipina, Kamboja, Sri Langka, dan Maldives. Di Lain sisi, trainers yang memberikan pelatihan merupakan orang-orang yang ahli di bidangnya yang berasal dari negara Australia, New Zealand, dan Kanada. 

Program pelatihan Internasional ini merupakan langkah awal DJKI dalam mempersiapkan Regulator Patroli Siber yang akan mengawasi peredaran produk yang melanggar Kekayaan Intelektual di dunia maya (online), khususnya pada platform e-commerce.

Sebagai informasi, pembukaan kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Direktur Eksekutif Program JCLEC  Brett Pointing, perwakilan Direktur Eksekutif JCLEC Lukas Gunawan, Senior Officer AFP Jakarta Liaison Office Steven Lindner, dan New Zealand Police Liaison Officer Paul Borrell. (PPS/SAS)



LIPUTAN TERKAIT

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/