Gelaran Festival Hari Kekayaan Intelektual Segera Hadir di Jakarta

Jakarta - Masih dalam semarak momentum peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) akan menyelenggarakan Kekayaan Intelektual (KI) Festival 2023 pada 16 s.d. 17 Mei di Sarinah Mall Thamrin, Jakarta. 

"Peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2023 ini mengangkat tema ‘Perempuan Indonesia Kreatif dan Inovatif: Ekonomi Tangguh’ yang bertujuan mendorong dan memacu lebih banyak kaum perempuan untuk memanfaatkan sistem kekayaan intelektual sebagai pelindung dan pemberi nilai tambah untuk keberlangsungan siklus kehidupan dalam berkreasi dan berinovasi," ujar Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly di Jakarta.

Berdasarkan data dari BPS pada tahun 2021 menunjukkan sekitar 64,5% total UMKM yang ada di Indonesia dikelola dan dimiliki oleh perempuan. Sedangkan untuk koperasi, berdasarkan Online Data System (ODS) Kementerian Koperasi dan UKM, per Desember 2022, terdapat 10.845 unit koperasi wanita di Indonesia.

“Sungguh tepat jika Hari Kekayaan Intelektual Sedunia tahun 2023 adalah momentum yang sangat tepat untuk memberikan apresiasi pada kreator-kreator wanita terbaik Indonesia,” lanjutnya.

Melalui kegiatan ini, DJKI ingin mendorong dan mengapresiasi para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) dan juga perempuan-perempuan Indonesia untuk terus berkarya dan menghasilkan KI yang bermanfaat bagi masyarakat. 

Serangkaian acara seperti pameran produk-produk lokal ternama, di antaranya Lawless Burgerbar, PALA Nusantara, Urban Factor, Prabu, Morningsol, haus!, Genthong Uma, ALEZA, Earthsensial, MALO, dan yang lainnya akan hadir di lantai Ground Floor Sarinah Thamrin, Jakarta.

Sarila Danubrata, pemilik merek Bruule dan Stephanie Nursalim, pemilik merek Morningsol pun turut hadir pada Talk Show "Brand Success Stories" di mana mereka akan berbagi pengalamannya dalam membangun sebuah brand.

Pada kegiatan ini, juga akan dibuka Klinik Kekayaan Intelektual Bergerak (Mobile Intellectual Property Clinic). Di sini, masyarakat dapat melakukan konsultasi KI secara langsung dengan para ahli dan bisa mendapatkan pendampingan pendaftaran KI gratis sesuai dengan kuota tersedia.

Selain itu, akan ada Seminar Nasional dengan tema "Perempuan Indonesia Kreatif dan Inovatif: Ekonomi Tangguh" yang menghadirkan di antaranya Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen, penulis Dee Lestari, dan pendiri Elzatta Hijab Elidawati Ali Oemar. Seminar ini akan ditampilkan secara live melalui YouTube DJKI Kemenkumham.

Tak hanya itu, pada acara puncak akan diberikan sejumlah penghargaan, antara lain Penghargaan Women dan IP Awards, World Intellectual Property Organization Award, dan Penghargaan Menteri Hukum dan HAM.

Melalui kegiatan ini, DJKI berharap masyarakat dapat lebih mengenal dan paham KI sehingga KI Indonesia dapat berkembang dan semakin mendunia. Yuk, ramaikan acaranya dan dukung UMKM Indonesia untuk terus berkarya! (syl/kad)



LIPUTAN TERKAIT

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/