Indonesia Tindaklanjuti Kerja Sama Pendirian IP Academy dengan WIPO

Jenewa – Perwakilan dari Direktorat Jenderal KekayaanIntelektual bertemu dengan perwakilan dari World Intellectual Property Organization (WIPO) untuk menindaklanjutiperjanjian kerja sama yang sebelumnya telah ditandatangipada 7 Juli 2023 antara kedua belah pihak terkait PendirianPusat Pelatihan Kekayaan Intelektual Nasional (Indonesia Intellectual Property Academy) di Kantor Pusat WIPO Academy di Jenewa, Swiss pada Senin, 29 Januari 2024.

“Pertemuan  hari ini membahas penyusunan business planIndonesia IP Academy yang merupakan kewajiban keduabelah pihak sebagaimana diamanatkan dalan perjanjiankerjasama tersebut. Business plan Indonesia IP Academy nantinya akan menjadi peta jalan bagi pendirian IP Academy di Indonesia,” ujar Pranata Humas Ahli Madya MarchiendaWerdany.

Indonesia IP Academy merupakan badan atau subordinat yang dibentuk untuk melaksanakan pengelolaan kekayaanintelektual (KI) yang berfungsi sebagai pusat informasi dan pengembangan KI agar Indonesia mampu bersaing secara global. Nantinya Indonesia IP Academy akan menjadi wadahuntuk melaksanakan diseminasi serta pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia.

Untuk membangun pusat pelatihan dan pendidikan yang mumpuni, Indonesia membutuhkan pendampingan dan kerjasama dari pihak-pihak yang memiliki program serupasebelumnya, salah satunya dari WIPO. Sejauh ini, WIPO Academy telah menunjuk tiga orang konsultan untuk melakukan pendampingan bagi DJKI, yaitu Lamiya Al Saadi, Project Coordinator WIPO Academy yang berbasis di Muscat, Oman; Mariia Bychkosva, Project Specialist WIPO Academy yang berbasis di London, Inggris; dan Ingrid Granda, Online Training Specialist WIPO Academy yang berbasis di Alicante, Spanyol.

“Kehadiran para konsultan pendamping DJKI pada pertemuan hari pertama ini  adalah untuk membahas perkembangankegiatan-kegiatan yang sudah dilakukan di tahun 2023 pascapenandatangan kerja sama, yaitu antara lain Training of Trainers Modul 1 dan 2 yang sudah dilaksanakan di bulanAgustus 2023 secara daring dan di bulan November 2023 secara onsite di Jakarta,” terang Marchienda.

Struktur business plan yang dibahas di pertemuan ini terdiridari General Overview (IP Legislation; Government Initiatives; IP Education), National IP Academy Perspectives (Goals and Objectives; Vision; Mission; Values; SWOT Analysis and Risk Assessment), Market Analysis (Target Audience, Priority Topics), Training Courses dan Services offered by National IP Academy (General Description of the Training Courses; Training Course Catalogue; Additional Service; Potential Partnerships for Courses and Services Delivery), Marketing Plan (Website; Social Media; Course Catalogue), Operating Plan (Infrastructure; Human Resources; Trainers), Financial Plan (Expenses; Revenue Structure), Performance, Evaluation and Reporting.

“Pihak WIPO Academy turut meminta beberapa data pelengkap business plan seperti bentuk dan jumlah kerjasamatingkat nasional antara DJKI dengan stakeholder terkait (institusi pendidikan serta kementerian/lembaga terkait) dan beberapa potensi Kerjasama luar negeri yang akan dilakukanoleh DJKI dengan organisasi internasional lain atau kantor KI negara lain terkait dukungan IP Academy, serta data-data berguna lainnya untuk menyusun pemetaan terkait pelatihantematik di Indonesia IP Academy,” ujarnya.



TAGS

#MoU #WIPO

LIPUTAN TERKAIT

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Anne Avantie, Syanaz Nadya Hingga Anita Gathmir Tidore Bagikan Inspirasi Berkiprah di Bidang Kreatif

Kontribusi perempuan dalam bidang ekspor jasa dan produk kreatif tercatat mencapai 74% menurut data Kementerian Perindustrian. Hal ini disampaikan Reny Yanita Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah Aneka pada Seminar Perempuan Indonesia yang digelar di J.W Marriott Hotel, 30 April 2024.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/