Perwakilan DJKI Turut Serta Dalam Pertemuan APEC-IPEG di Amerika Serikat

California - Direktur Kerja Sama dan Pemberdayaan Kekayaan Intelektual Sri Lastami memimpin delegasi Indonesia dalam membahas isu-isu krusial di bidang kekayaan intelektual (KI) pada pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation - Intellectual Property Rights’ Experts Group (APEC-IPEG) di Palm Springs, California, Amerika Serikat pada tanggal 19 s.d. 20 Februari 2023.

APEC-IPEG merupakan pertemuan rutin di tingkat Asia Pasifik yang dihadiri oleh negara-negara anggota APEC, termasuk Indonesia yang pada tahun ini, Amerika Serikat menjadi tuan rumah untuk pertemuan seluruh Komite, Working Group, Fora dan Subfora APEC, termasuk IPEG.

Pada kesempatan ini, Lastami menyampaikan informasi mengenai kesuksesan pelaksanaan program unggulan Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) tahun 2022 dan memperkenalkan program unggulan DJKI tahun 2023.

Selain itu, ia turut menyampaikan mengenai update peningkatan jumlah pendaftaran KI di Indonesia pada tahun 2021 dan 2022.

“Capaian yang diraih DJKI juga dilihat dalam usaha memperkuat pemahaman pentingnya pelindungan Kekayaan Intelektual dan manfaat yang dapat diperoleh dari pendaftaran kekayaan intelektual bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” jelasnya.

Selanjutnya, pada pertemuan ini juga dapat diketahui bahwa seluruh APEC Economies terus melakukan usaha perbaikan layanan kekayaan intelektual. Diharapkan kontribusi seluruh APEC Economies dalam menyukseskan prioritas dan rencana kerja APEC tahun 2023-2024 yang berfokus pada tiga hal, yaitu:

  1. IP Financing
  2. IP in the Digital Economy and Interconnectivity
  3. IP for Sustainable and Inclusive Growth

Sebagai informasi, Pertemuan APEC-IPEG dibuka dan dipimpin oleh Ketua APEC baru yang akan memimpin pertemuan IPEG untuk 2 tahun mendatang, yaitu Atty. Rowel S. Barba. Ia juga menjabat sebagai Director General of the Intellectual Property Office of the Philippines (IPOPHL) didampingi oleh Wakil Ketua APEC Sebastian Molina yang juga menjabat sebagai Head of Intellectual Property Division, Undersecretariat of International Economic Affairs Chile. (syl/dit)



TAGS

#AWGIPC

LIPUTAN TERKAIT

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/