Tanamkan Kesadaran Pelindungan KI Sejak Dini Melalui DJKI Mengajar - RuKI Goes To School

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM terus berupaya untuk memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya melindungi kekayaan intelektual (KI) sejak dini serta untuk menciptakan generasi yang sadar dan menghargai KI. Dengan menyasar murid - murid di bangku sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA) atau sederajat melalui kegiatan ‘DJKI Mengajar - RuKI Goes To School’.

DJKI Mengajar merupakan salah satu program unggulan DJKI yang dimulai pada tahun 2022 dan telah sukses diselenggarakan secara serentak di 33 provinsi Indonesia. Pada tahun 2023 ini kembali digelar dengan tajuk  ‘DJKI Mengajar - RuKI Goes To School’.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjadi program edukasi yang sukses dalam meningkatkan kesadaran pelajar akan pentingnya pelindungan KI dan memberikan motivasi untuk berinovasi serta berkarya secara interaktif. Kegiatan kali ini diadakan pada tanggal 6 September 2023 di 2 (dua) tempat yang berbeda yaitu SMP 115 Jakarta dan SMP 17 Depok.

Dalam sambutannya salah satu Perwakilan Guru KI (RuKI) Eka Yanuarti menyampaikan bahwa KI sudah selayaknya ditanamkan sejak dibangku sekolah di mana itu penting sebagai bekal untuk menciptakan generasi yang sadar dan peduli KI dengan tujuan jangka panjangnya untuk kebangkitan ekonomi negara.

“Menumbuhkan rasa penghargaan atas hasil karya orang lain lebih mudah dilakukan sejak dini dibandingkan merubah mindset masyarakat yang dari akarnya, hal hal tersebut menjauhkan diri dari plagiarisme, pemalsuan, dan penggunaan barang palsu yang merugikan banyak pihak, disini kita akan menanamkan nilai kreativitas dan kejujuran,” kata Eka.

Eka menjelaskan bahwa kolaborasi edukasi KI antara DJKI dengan sekolah dapat menciptakan generasi muda yang sadar akan KI dan mampu meningkatkan kualitas serta kuantitas KI Indonesia hingga pada akhirnya untuk peningkatan ekonomi negara yang berbasiskan KI. 

“Indonesia memiliki segudang potensi KI yang sangat penting untuk dilindungi, hal ini dimulai dengan Guru KI yang bertugas sebagai agen diseminasi untuk mengajarkan pengetahuan mengenai pentingnya pelindungan KI kepada siswa sejak masih muda,” ucap Eka.

Sementara itu, Wakil kepala bidang kesiswaan SMP Negeri 115 Jakarta Juana menyampaikan rasa terima kasih dan  berharap agar kegiatan ini bisa berlangsung kembali di sekolah dengan tema - tema yang lainnya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada DJKI karena menurut kami ini adalah kegiatan yang penting sekali dan ini kali pertama anak - anak mengetahui secara langsung terkait pemahaman KI dan sangat antusias sekaligus juga belajar bahwa saat menggunakan barang harus merupakan barang yang asli dan bukan bajakan,  kemudian jika anak - anak memiliki sebuah karya cipta hendaknya untuk dapat dicatatkan di DJKI,” tutur Juana.

Pada Kesempatan yang sama Razan Muhammad salah satu siswa kelas IX SMP Negeri 115 Jakarta mengungkapkan bahwa dirinya memiliki beberapa karya cipta yang menurutnya karya tersebut dapat dicatatkan di DJKI.

“Saya memiliki beberapa jenis karya ciptaan yang mana ini merupakan hobi saya dalam membuat  novel, cerbung, cerpen dan puisi. Sebelumnya, saya coba bagikan karya saya di komunitas dan teman-teman, disana kita bisa berdiskusi dan saling sharing terkait pembuatan karya tersebut. Jadi siapa saja bisa menggunakan karya saya bahkan tanpa seizin saya,” jelas Razan.

“Tetapi, setelah mengikuti kegiatan ini saya jadi sadar akan pentingnya pelindungan KI yang mana hasil karya yang sudah susah payah saya buat ternyata memiliki nilai dan dapat dilindungi secara hukum. Kini saya menjadi tahu bahwa karya yang sudah tercatat di DJKI, maka orang lain tidak bisa menggunakan karya saya tanpa izin,” tambah Razan. (mch/ver) 



LIPUTAN TERKAIT

DJKI dan JICA Dongkrak Pemanfaatan Merek Kota Seribu Sungai

Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bekerja sama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) didukung oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menyelenggarakan kegiatan Seminar Pelindungan dan Pemanfaatan Merek bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah pada tanggal 2 Mei 2024 di Aston Hotel Banua, Banjarmasin.

Kamis, 2 Mei 2024

Seminar Perempuan Indonesia: Berani Berkarya dengan Kekayaan Intelektual

Pada era yang semakin kompetitif, kreativitas harus semakin didorong agar setiap individu dapat bersaing secara global. Tak ubahnya para perempuan yang saat ini semakin dituntut untuk berdaya, salah satunya dengan memanfaatkan kekayaan intelektual yang mereka miliki.

Selasa, 30 April 2024

Sambangi SMKN 32 Jakarta, RuKI Bergerak untuk Negeri

Jakarta - Guru Kekayaan Intelektual (RuKI) Bergerak menyambangi siswa dan siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 32 Jakarta. Gelaran kegiatan tersebut merupakan bentuk partisipasi dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April setiap tahunnya.

Selasa, 30 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/