Belajar Kembangkan Potensi Produk melalui IP Talks : Meja Kurator

Jakarta - Dalam rangkaian kegiatan Merek Festival dengan tema “Cinta Lokal Sentuhan Global: Merek Kita, Cerita Kita Bangga di Panggung Dunia” , Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) mengadakan IP Talks bertajuk “Meja Kurator” di Lapangan Merah Kemenkumham, Jakarta pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Meja kurator adalah program yang mengkurasi berbagai jenama lokal dengan cara menilai dan melihat potensi suatu produk secara jujur, terbuka dan apa adanya oleh pakar terbaik di bidangnya masing-masing.

Pada kegiatan ini terdapat dua sesi kurasi yaitu pertama sesi First Impression, di mana dalam sesi ini para kurator akan memberikan analisa dan penilaian kesan pertama melihat tampilan produk yang akan dikurasi tersebut. Kedua, sesi Future di mana pada sesi ini kurator akan memberikan analisa terhadap potensi dari produk tersebut di masa yang akan datang.

Bara Pattiradjawane atau yang akrab disapa Chef Bara selaku Food & Flavor Developer Chef yang merupakan kurator pertama pada kegiatan ini menyampaikan bahwa produk-produk yang telah dikurasi saat ini sudah memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan.

“Dalam membuat suatu produk ada beberapa hal yang harus diperhatikan salah satunya harus bertanggung jawab terhadap produk yang akan dijual. Contohnya dalam menjual produk makanan selain rasanya, tetapi harus diperhatikan juga kebersihan dan keamanan apakah bebas dari segala macam zat aditif yang membahayakan,” ujar Chef Bara.

Selain itu, Chef Bara juga mengimbau kepada para pelaku jenama lokal untuk melek merek. Menurut dia selain kualitas dari produk yang harus diperhatikan, merek merupakan aset penting yang harus dilindungi karena akan menjadi identitas dari sebuah produk.

Pada kesempatan yang sama, Wida Winarno selaku Direktur PT. Embrio Biotekindo yang merupakan kurator kedua menyampaikan apresiasi dengan adanya kegiatan Meja Kurator ini.

“Kegiatan ini sangat berguna untuk brand atau merek yang akan muncul di kemudian hari. Karena pada kegiatan ini para pemilik usaha bisa belajar potensi apa saja yang bisa dikembangkan dari sebuah produk untuk menghasilkan produk yang high class,” ucap Wida. 

Sebagai informasi, selain mengadakan talkshow kekayaan intelektual (KI), gelaran Festival Merek 2023 ini juga menyuguhkan berbagai acara menarik lainnya seperti pameran produk merek lokal, waralaba & temu bisnis, musik & hiburan serta layanan konsultasi dan fasilitasi KI yang diselenggarakan sejak 23 s.d 25 Oktober 2023. (Arm/kad)

 



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Ingatkan Pentingnya Peran Perempuan Dalam Sistem KI di Indonesia Melalui Seminar Perempuan Indonesia

Perayaan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang jatuh pada tanggal 26 April di setiap tahunnya bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelindungan kekayaan intelektual (KI) pada kehidupan sehari-hari serta mengapresiasi hasil olah pikir, karya, kreativitas dan kontribusi para pencipta karya dan inovator untuk pengembangan kualitas kehidupan masyarakat di seluruh dunia.

Selasa, 30 April 2024

Tim DJKI Selenggarakan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis

DJKI Kemenkumham melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Sub Direktorat Indikasi Geografis menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis Tenun Ikat Flores Timur

Senin, 29 April 2024

Indikasi Geografis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperhatikan tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia. Melalui potensi indikasi geografis Indonesia yang besar, DJKI yakin beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan akan dapat dicapai.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/