DJKI Berikan Inspirasi Generasi Muda untuk Semakin Banggakan Indonesia Melalui KI

Jakarta - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM kembali menyambut kedatangan mahasiswa dari Sekolah Tinggi Hukum Militer (STHM) untuk menggali pengetahuan secara mendalam mengenai kekayaan intelektual (KI). 

Pada kesempatan kali ini, mahasiswa STHM berjumlah 22 orang berkesempatan hadir langsung dan mendengarkan paparan yang disampaikan oleh Direktur Kerja Sama dan Edukasi Sri Lastami di Ruang Rapat DJKI lantai 17 pada Rabu, 07 Februari 2024.

Dalam paparannya, Lastami menyampaikan pentingnya pendidikan kekayaan intelektual sejak dini. Banyak manfaat yang didapatkan melalui pendidikan terkait KI yang ditanamkan dengan baik pada generasi muda. Di mana ilmu tersebut penting sebagai sarana melahirkan generasi yang sadar akan pentingnya KI bagi bangsa Indonesia. Selain itu, hal tersebut memiliki tujuan besar untuk jangka panjang berupa kebangkitan ekonomi nasional.

“Walaupun berkarir di militer, bidang kekayaan intelektual selalu melekat di setiap aspek kehidupan, contohnya pada kemiliteran ada pada invensi senjata dan alat kendaraan tempur yang diciptakan oleh PT. Pindad sehingga invensi tersebut bisa didaftarkan patennya. Hasilnya sangat membanggakan bagi Indonesia bahkan sampai produknya diimpor oleh negara - negara lain,” papar Lastami.

DJKI berharap, dengan ilmu yang peserta dapatkan dari pemaparan teori dan contoh yang disampaikan, muncul ide - ide inovatif yang dapat mengembangkan kemajuan negeri dan membanggakan Indonesia. (dms/ver)

 



LIPUTAN TERKAIT

DJKI Ikuti Perundingan Putaran Ketujuh dalam Persetujuan Kemitraan Ekonomi Indonesia - Kanada

Semarang - Indonesia dan Kanada sepakat untuk membuat kerja sama demi memajukan perekonomian kedua negara. Upaya kerja sama itu dirundingkan dalam Indonesia-Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (ICA-CEPA) yang dimulai sejak 2021 hingga saat ini. Perundingan ekonomi ini menyangkut banyak bidang, termasuk kekayaan intelektual.

Senin, 4 Maret 2024

Alat Musik Tradisional Sebagai Potensi Indikasi Geografis

Indonesia kaya akan budaya termasuk alat musik tradisional yang beragam dan unik. Setiap daerah memiliki alat musik khasnya sendiri yang mencerminkan sejarah, tradisi dan kekayaan budaya setempat. Alat musik tradisional ini memiliki potensi besar untuk dilindungi dan dikembangkan sebagai Indikasi Geografis (IG).

Kamis, 29 Februari 2024

DJKI Libatkan Masyarakat dalam Perancangan Renstra 2025 - 2029

Palembang - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menilai penting adanya perspektif masyarakat dan para pemangku kepentingan dalam pembuatan kebijakan pemerintah yang berkenaan dengan kekayaan intelektual selama lima tahun mendatang. Oleh sebab itu, pihaknya menyelenggarakan kegiatan Penghimpunan Aspirasi Publik sebagai Rancangan Awal Rencana Strategis Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Tahun 2025 – 2029 pada 28 - 29 Februari 2024 di Novotel Palembang - Hotel & Residence.

Rabu, 28 Februari 2024

Selengkapnya