Kerja Sama DJKI dan WIPO untuk IP Academy Indonesia

Jenewa - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) sebagai focal point dalam pelindungan Kekayaan Intelektual (KI) di Indonesia menyadari bahwa masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk membuat masyarakat sadar akan pentingnya KI. Salah satunya yaitu kurang meratanya pengetahuan tentang KI di seluruh lapisan masyarakat.

Oleh karena itu, DJKI bekerja sama dengan World Intellectual Property (WIPO) tengah membentuk Indonesian Intellectual Property (IP) Academy sebagai salah satu sarana untuk menyosialisasikan pengetahuan tentang KI kepada masyarakat secara merata.

“Saat ini, kami tengah menyiapkan regulasi nasional untuk pendirian IP Academy di Indonesia, serta persiapan infrastruktur salah satunya perpustakaan khusus untuk KI,” ungkap Sucipto selaku Sekretaris DJKI pada saat melakukan pertemuan ke kantor WIPO di Jenewa pada Kamis, 1 Februari 2024. 

Lebih lanjut, Sucipto juga menyampaikan beberapa kegiatan yang sudah terlaksana dengan sukses di tahun 2023 sebagai bagian dari implementasi kerja sama WIPO Academy dan DJKI yaitu Training of Trainers (TOT) Modul 1 dan 2, kesiapan DJKI untuk menyelenggarakan TOT Modul 3 dan 4 serta 2 project training program di tahun 2024. 

Pada kesempatan yang sama, Sheriff Saadallah selaku Director Executive IP Academy menyambut positif atas upaya yang telah dilakukan oleh DJKI tersebut. 

“Indonesia sebagai salah satu negara yang sangat cepat perkembangannya dalam mempersiapkan pendirian IP Academy dan memilki komunikasi serta koordinasi sangat baik dengan WIPO Academy,” tutur Sheriff. 

Martha Chikowore selaku Acting Head Academic Institutions and Executive Program WIPO Academy yang juga hadir dalam pertemuan tersebut menjelaskan beberapa kerja sama yang dapat dilakukan antara WIPO Academy tidak hanya dengan DJKI tetapi juga melibatkan Universitas - Universitas di Indonesia.  

“Melalui kerja sama, DJKI dan Universitas dapat mengembangkan kurikulum mata kuliah terkait Kekayaan Intelektual serta beberapa program pendukung IP Academy seperti summer school yang dapat diselenggarakan kedepannya oleh Indonesia IP Academy,” ujar Martha. 

Selanjutnya, delegasi DJKI juga melakukan pertemuan dengan Caroline Storan, Information Technology Liason Officer WIPO Academy dan Jean Jacques Buregeya, Consultant WIPO Internet Services Action terkait dukungan WIPO dalam pengembangan website Indonesia IP Academy dan sistem yang menunjang pemberian akses distance learning courses sebagai platform pembelajaran bagi masyarakat umum yang merupakan bagian dari edukasi KI. (Ver/Dit)



LIPUTAN TERKAIT

Indikasi Geografis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperhatikan tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia. Melalui potensi indikasi geografis Indonesia yang besar, DJKI yakin beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan akan dapat dicapai.

Jumat, 26 April 2024

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Setiap tahunnya, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang diadakan pada 25 September s.d. 3 Oktober 2000 di Jenewa.

Jumat, 26 April 2024

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia ke-24, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) secara serentak di seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia pada Jumat, 26 April 2024.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/