Persiapkan Kurikulum IP Academy, DJKI Lakukan Benchmarking ke Australia

Brisbane - Dalam mendukung pembangunan IP Academy, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM mempersiapkan kurikulum Kekayaan Intelektual (KI) sebagai pendukung pelaksanaannya. Untuk mewujudkan kurikulum yang tepat agar dapat diimplementasikan, DJKI melakukan benchmarking ke negara-negara yang telah lebih dulu sukses dalam melakukan edukasi KI.  

Setelah benchmarking dilakukan ke Jepang, DJKI kembali melakukan benchmarking ke Australia dengan salah satu tujuan yaitu Law School University of Queensland pada 30 Oktober 2023.

“Salah satu tantangan dalam mewujudkan pemahaman dan kepedulian KI di Indonesia adalah belum adanya standar pengajaran kekayaan intelektual dalam bentuk kurikulum,” ujar Subkoordinator Pemberdayaan Potensi KI Idris Yushardy.

“Tujuan kami berkunjung adalah untuk membahas dan meminta masukan dari civitas akademisi yang ada di kampus. Bagaimana dan apa saja yang telah dilakukan dalam memberikan pendidikan KI kepada para mahasiswa sekaligus mengedukasi masyarakat,” lanjutnya. 

Pada kesempatan yang sama, Pratap Devarapalli selaku IP Strategist and Researcher University of Queensland menekankan pentingnya edukasi dasar KI sejak dini untuk membekali siswa dalam melindungi karyanya.

“Terkait materi dalam kurikulum KI, diperlukan tambahan materi tematik Hak Cipta mengingat rezim KI ini sangat relevan untuk masyarakat umum. Tidak hanya itu yang tidak kalah penting adalah materi perjanjian internasional KI, pengenalan hukum KI, dan kasus-kasus pelanggaran KI di level internasional,” tutur Pratap.

“Selain itu, penting juga untuk Indonesia agar memiliki pedoman yang jelas mengenai syarat penentuan peserta pelatihan dan syarat kualifikasi untuk menjadi pengajar IP Academy,” tambahnya. (Ver/Eka)



TAGS

#Hak Cipta

LIPUTAN TERKAIT

Indikasi Geografis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperhatikan tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia. Melalui potensi indikasi geografis Indonesia yang besar, DJKI yakin beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan akan dapat dicapai.

Jumat, 26 April 2024

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Setiap tahunnya, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang diadakan pada 25 September s.d. 3 Oktober 2000 di Jenewa.

Jumat, 26 April 2024

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Menyemarakkan Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia ke-24, Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menyelenggarakan kegiatan Mobile Intellectual Property Clinic (MIC) secara serentak di seluruh Kantor Wilayah Kemenkumham seluruh Indonesia pada Jumat, 26 April 2024.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/