DJKI Ikuti Pembahasan Tindak  Lanjut MoU DJKI-DKPTO

Jenewa - Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) mengadakan pertemuan bilateral bersama Danish Patent and Trademark Office (DKPTO) sebagai rangkaian pelaksanaan World Intellectual Property Office (WIPO) General Assembly, Senin, 10 Juli 2023, di Jenewa. 

Pertemuan yang dihadiri oleh delegasi DKPTO, yang dipimpin oleh Direktur Jenderal DKPTO Sunne Stampe Sorensen, dan delegasi DJKI, yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Min Usihen membahas mengenai perkembangan pembuatan work plan dan timeline untuk mengimplementasikan Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah ditandatangani pada tahun 2020 silam.

“Saat ini pengajuan persetujuan untuk implementasi kegiatan sedang dilakukan dan sejauh ini mendapatkan respon positif dari Kementerian Luar Negeri Denmark,” ujar Sunne.

“Diharapkan bulan Oktober 2023 disetujui dan dapat ditindaklanjuti setelahnya dengan penyusunan work plan dan timeline,” lanjutnya.

Selain itu, pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal DKPTO juga menyampaikan bahwa DKPTO juga akan membuka diri untuk memberikan bantuan lain yang dibutuhkan DJKI.

Beberapa diantaranya, yaitu pelatihan untuk peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM),  membangun modul/material untuk didistribusikan ke lembaga terkait, seperti universitas dan juga masyarakat, serta melaksanakan kegiatan untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya pelindungan Kekayaan Intelektual (KI).

Pada kesempatan yang sama, delegasi DJKI menyampaikan harapannya untuk dapat mendapatkan asistensi peningkatan kapasitas pegawai melalui pelatihan KI dengan tenaga ahli dari DKPTO, khususnya untuk teknologi yang sedang berkembang saat ini, seperti AI, metaverse dan nano tech. 

“Terkait Intellectual Property (IP) Academy, diharapkan nantinya DKPTO juga dapat berperan dalam penyelenggaraan IP Academy Indonesia yang saat ini sedang dalam tahap pembentukan,” pungkas Min.

Seperti yang diketahui, pada tahun 2023 ini, IP Academy menjadi salah satu program unggulan DJKI di tahun 2023. Hal tersebut menjadi salah satu sarana DJKI dalam mensosialisasikan pengetahuan tentang KI kepada masyarakat secara merata.

Sebagai informasi, Delegasi dari DJKI dalam pertemuan ini terdiri dari Direktur Jenderal KI, Staf Khusus Hubungan Luar Negeri, Direktur Paten, Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Kepala Bagian Program dan Pelaporan, Koordinator Kerja Sama Luar Negeri, Sub Koordinator Kerja Sama Regional, dan Kepala Sub Bagian Tata Usaha Pimpinan, sedangkan delegasi dari DKPTO terdiri dari Direktur Jenderal DKPTO dan Penasihat Politik Direktur Jenderal DKPTO. 



LIPUTAN TERKAIT

Tim DJKI Selenggarakan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis

DJKI Kemenkumham melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Sub Direktorat Indikasi Geografis menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis Tenun Ikat Flores Timur

Senin, 29 April 2024

Indikasi Geografis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperhatikan tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia. Melalui potensi indikasi geografis Indonesia yang besar, DJKI yakin beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan akan dapat dicapai.

Jumat, 26 April 2024

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Setiap tahunnya, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang diadakan pada 25 September s.d. 3 Oktober 2000 di Jenewa.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/