Menkumham Yasonna Kunjungi Booth Layanan Konsultasi KI di Medan

Medan - Program edukasi dan dialog interaktif Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) bertajuk Satu Jam Bersama Menteri Hukum dan HAM kembali digelar. Kali ini, kegiatan tersebut digelar di Universitas HKBP Nommensen Medan pada hari Jumat, 17 November 2023.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tugas Kementerian Hukum dan HAM dalam melayani rakyat Indonesia dan sebagai wujud kehadiran negara di tengah masyarakat.

Kegiatan Satu Jam Bersama Menteri Hukum dan HAM ini tidak hanya menyuguhkan dialog interaktif, namun juga memberikan fasilitas layanan konsultasi kekayaan intelektual (KI) gratis.

Sebelum memulai dialog interaktifnya, Menteri Hukum dan HAM menyempatkan diri mengunjungi booth layanan konsultasi KI. Layanan konsultasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung serta asistensi dalam hal pencatatan ciptaan, pendaftaran merek, desain industri dan paten. Harapannya melalui layanan ini dapat mendorong peningkatan permohonan KI.

Dalam kunjungannya, Menteri Hukum dan HAM didampingi oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual; Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual; Direktur Paten, DTLST, dan Rahasia Dagang; serta Direktur Hak Cipta dan Desain Industri.

Sebagai informasi, sepanjang berlangsungnya kegiatan, booth layanan konsultasi KI telah melayani 35 orang pengunjung dan melayani empat pemohon yang mengajukan permohonan baru.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, di akhir dialog interaktif Satu Jam Bersama Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H. Laoly menyerahkan tujuh sertifikat paten, tiga sertifikat kepada Lembaga Inovasi Penulisan Ilmiah dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Sumatera Utara; dan empat sertifikat kepada LPPM Universitas Negeri Medan.

Kemudian, Yasonna H. Laoly juga menyerahkan surat pencatatan ciptaan kepada Richard A. M. Napitupulu, S.T., M.T. atas karya bukunya yang berjudul Deformasi Plane Strain Pada Uji Tarik Uniaxial Baja Lembaran.



LIPUTAN TERKAIT

Tim DJKI Selenggarakan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis

DJKI Kemenkumham melalui Direktorat Merek dan Indikasi Geografis, Sub Direktorat Indikasi Geografis menyelenggarakan kegiatan Pemeriksaan Substantif Permohonan Indikasi Geografis Tenun Ikat Flores Timur

Senin, 29 April 2024

Indikasi Geografis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan

Pemerintah Indonesia melalui Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) memperhatikan tujuan pembangunan berkelanjutan yang merupakan agenda bersama negara-negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa, termasuk Indonesia. Melalui potensi indikasi geografis Indonesia yang besar, DJKI yakin beberapa tujuan pembangunan berkelanjutan akan dapat dicapai.

Jumat, 26 April 2024

IP Podcast Meriahkan Hari KI Sedunia Tahun 2024 di 33 Provinsi

Setiap tahunnya, tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kekayaan Intelektual (KI) Sedunia sebagaimana yang telah ditetapkan oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dalam Twenty-Sixth (12th Extraordinary) Session of the WIPO General Assembly yang diadakan pada 25 September s.d. 3 Oktober 2000 di Jenewa.

Jumat, 26 April 2024

Selengkapnya
https://www.gojosatoru.love/